Senin, 06 Desember 2021

Teknik Promosi Buku (Akbar Zainudin)


Hai pembaca Tulisan Mulyanita 👋
Walau malam ini terasa dingin dan membuat diri ini ingin segera terlelap dalam gelap malam, tetapi ada sebuah motivasi untuk hadir pada pelatihan menulis PGRI malam ini. Apa itu? Belajar dari narasumber yang sudah teruji sebagai penulis buku best seller "Man Jadda Wajada" yaitu Bapak Akbar Zainuddin.

Bersama beliau kita akan belajar tentang strategi promosi buku yang akan kita hasilkan. Ini juga merupakan hal penting, karena menjadi tujuan seorang penulis karyanya dibaca oleh banyak orang juga ingin agar orang-orang tersebut mendapatkan manfaat dari tulisan kita. Seperti contoh karya Bapak Akbar ini ingin memberitahu motivasi bagi banyak orang bahwa siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan keberhasilan.

Yuk langsung saya kita bahas, cara untuk mempromosikan buku:

Tentukan target pasar.
    Menentukan target pasar dari buku yang akan kita tulis bisa berdasarkan usia, muisalkan usia anak-anak, remaja, atau dewasa. Hal ini perlu kita lakukan agar mengetahui kebutuhan dari rentang usia target pasar kita. Disini dicontohkan bahwa target buku Nanjadda Wajada lebih kepada usia remaja dan dewasa, dimana Pak Akbar membidik sisi motivasi pada bukunya.

Strategi pemasaran yang meliputi: 

1. Product

Seperti yang telah dijelaskan di atas perlu mengetahui peta kebutuhan pembaca membuat penulis bisa menghasilkan produk yang banyak diterima oleh masyarakat

2. Price

Penentuan harga buku biasanya dilakukan oleh penerbit tetapi ada juga strategi pemasaran yang menggunakan kualitas premium dengan penggunaan hard cover, voucher gratis webinar, dll) 

3. Place of distribution

Strategi ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara tradisional (dipasarkan di toko buku secara langsung) dan non tradisional (dengan memanfaatkan marketplace, MLM, dll)

4. Promotion

Dalam strategi promosi ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: 

  • Launching buku. Mmemanfaatkan waktu pertama peluncuran buku dengan melakukan sebuah kegiatan khusus atau jika di toko-toko buku ada space tertentu untuk buku-buku yang baru diterbutkan
  • Bedah buku. Biasanya berisikan kegiatan diskusi untuk membahas buku yang akan dibedah. Lakukan beah buku sebanyak mungkin untuk memperkenalkan isi buku kita agar pembaca semakin penasaran untuk membeli buku tersebut.
  • Melakukan seminar atau workshop mengenai buku yang kita hasilkan. Contoh buku Pak Akbar yang kebanyakan tentang motivasi, biasanya Pak Akbar menerima tawaran seminar motivasi dengan membawa buku-buku motivasi yang beliau tulis.
  • Membangun komunitas. Komunitas yang dibangun berkesesuaian dengan buku yang kita buat. Misalkan buku-buku yang kita tulis tentang pendidikan, maka buatlah komunitas untuk guru-guru.
  • Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku-buku dengan dengan komisi tertentu. Kita perlu memberitahukan terkait buku-buku yang akan dijual reseller agar mereka paham dengan produk buku yang djualnya. Dewa Eka Prayoga berhasil menjual 10.000 buku dalam waktu 2 minggu. Memiliki jaringan resller yang banyak akan memudahkan kita dalam penjualan buku
  • Jual di marketplace. Menjual buku di marketplace salah satu cara untuk meluaskan cara pemasaran buku kita. Terlebih saat ini setiap orang memiliki marketplace di handphonenya. Mereka akan dengan mudahnya menuliskan keyword barang yang ia cari di marketplace dan membelinya tanpa harus berpergian ke toko buku. 
  • Memanfaatkan media sosial. Kita bisa memanfaatkan followers yang kita miliki sebagai target pasar kita. Kita dapat membuat tulisan singkat mengenai buku kita yang akan membuat rasa penasaran followers. Usahakan postingan jangan melulu tentang jualan, tetapi boleh diselingi denga quotes atau sharing sesuatu yang bermafaat bagi followers agar mereka merasa tidak bosan dengan status media sosial kita.

Ya, itu teknik promosi buku berdasarkan riset dan pengalaman dari Pak Akbar. Dalam perjalanan beliau menulis buku, yang pasti dilakukan dengan segenap hati dan usaha, baik itu dalam penulisan juga dalam mengenalkan tulisan kita untuk dapat diterbitkan oleh penerbit besar. 

Seperti di bahas di awal, menentukan target pasar dapat membantu kita memperjelas isi tulisan serta strategi pemasaran buku tersebut. Serta yang tidak bbisa kita lupakan juga adalah keterlibatan Yang Maha Kuasa yang menakdirkan tulisan ini banyak diterima oleh masyarakat.


Sampai jumpa pada Tulisan Mulyanita selanjutnya, salam semangat!! Bye👋


2 komentar:

Blogger Lombok Yang Menimba Ilmu Di Negeri Fir'aun (Nazril Fathra)

Hai Pembaca Tulisan Mulyanita👋 Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Aamiin.. Saat ini saya sedang mengikuti kegiata...