1. Product
Seperti yang telah dijelaskan di atas perlu mengetahui peta kebutuhan pembaca membuat penulis bisa menghasilkan produk yang banyak diterima oleh masyarakat
2. Price
Penentuan harga buku biasanya dilakukan oleh penerbit tetapi ada juga strategi pemasaran yang menggunakan kualitas premium dengan penggunaan hard cover, voucher gratis webinar, dll)
3. Place of distribution
Strategi ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara tradisional (dipasarkan di toko buku secara langsung) dan non tradisional (dengan memanfaatkan marketplace, MLM, dll)
4. Promotion
Dalam strategi promosi ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:
- Launching buku. Mmemanfaatkan waktu pertama peluncuran buku dengan melakukan sebuah kegiatan khusus atau jika di toko-toko buku ada space tertentu untuk buku-buku yang baru diterbutkan
- Bedah buku. Biasanya berisikan kegiatan diskusi untuk membahas buku yang akan dibedah. Lakukan beah buku sebanyak mungkin untuk memperkenalkan isi buku kita agar pembaca semakin penasaran untuk membeli buku tersebut.
- Melakukan seminar atau workshop mengenai buku yang kita hasilkan. Contoh buku Pak Akbar yang kebanyakan tentang motivasi, biasanya Pak Akbar menerima tawaran seminar motivasi dengan membawa buku-buku motivasi yang beliau tulis.
- Membangun komunitas. Komunitas yang dibangun berkesesuaian dengan buku yang kita buat. Misalkan buku-buku yang kita tulis tentang pendidikan, maka buatlah komunitas untuk guru-guru.
- Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku-buku dengan dengan komisi tertentu. Kita perlu memberitahukan terkait buku-buku yang akan dijual reseller agar mereka paham dengan produk buku yang djualnya. Dewa Eka Prayoga berhasil menjual 10.000 buku dalam waktu 2 minggu. Memiliki jaringan resller yang banyak akan memudahkan kita dalam penjualan buku
- Jual di marketplace. Menjual buku di marketplace salah satu cara untuk meluaskan cara pemasaran buku kita. Terlebih saat ini setiap orang memiliki marketplace di handphonenya. Mereka akan dengan mudahnya menuliskan keyword barang yang ia cari di marketplace dan membelinya tanpa harus berpergian ke toko buku.
- Memanfaatkan media sosial. Kita bisa memanfaatkan followers yang kita miliki sebagai target pasar kita. Kita dapat membuat tulisan singkat mengenai buku kita yang akan membuat rasa penasaran followers. Usahakan postingan jangan melulu tentang jualan, tetapi boleh diselingi denga quotes atau sharing sesuatu yang bermafaat bagi followers agar mereka merasa tidak bosan dengan status media sosial kita.
terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengab baik.
BalasHapusesume yang bagus, kren dan lengkap. mantap luar biasa
BalasHapus