Haiiiđź‘‹ Bertemu kembali dengan tulisan Mulyanita.. Malam ini kita akan belajar cara memasarkan buku bersama Bapak Agus Subardana. Pak Agus merupakan tim pemasaran pada Penerbit Andi. Cuuss kita langsung belajar dengan Pak Agus.
Pandemi covid 19 membawa dampak pada pelaku usaha di bidang penerbitan dan penjualan buku. Dimana toko buku harus tutup, juga pembatasan aktivitas akibat lock down. Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan industri penerbitan buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku kita ubah melalui online dan jaringan komunitas secara online.
1. Pemasaran Secara Online.
Pemasaran melalui media online, membutuhkan strategi khusus sehingga kita harus belajar mengenai digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran sebuah brand atau produk denga menggunakan media digial atau internet.
Berikut adalah manfaat digital marketing:
- Biaya pemasaran relatif terjangkau
- Daya jangkau pemasaran luas dan cepat
- Mudah menentukan target pasar
- Komunikasi dengan konsumen lebih mudah dan cepat
- Dalam pemasaran produk cepat dalam proses promosi, sehingga buku cepat populer
- Membantu meningkatkan buku dengan adanya digital marketing ini
- Evaluasi dalam penjualan yang nantinya dapat dikembangkan menjadi strategi pemasaran yang lebih baik
Sarana penjualan buku kekinian adalah dengan memanfaatkan media sosial, market place dan website perusahaan penerbitan yang kita kelola. Tim pemasaran online penerbit Andi juga melebarkan sayap bergabung ke siplah yang dikelola Kemendikbud untuk pengadaan barang di sekolah dengan dana bantuan operasional sekolah dari Kemendikbud.
Selain itu pemasaran buku melalui komunitas. Gunakan jaringan komunitas yang kita ikuti untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan buku melalui komunitas ini terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan buku. Kuncinya kita harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Penerbit Andi menggunakan komunitas ini dengan memanfaatkan kegiatan webinar. Penerbit Andi membuat webinar dengan tema menarik dan menggunakan kegiatan ini untuk memasarkan buku.
2. Strategi pemasaran buku secara Offline
Strategi pemasaran buku secara offline ini dikelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :
- Pemasaran melalui toko buku.
Toko buku memiliki tiga jenis, antara lain toko buku modern, toko buku semi modern dan toko buku tradisional. Pembedaan jenis toko buku ini dibutuhkan karena membutuh sistem administrasi dan lokasi yang berbeda. Contoh bagi toko buku modern sistem transaksi yang digunakan mengikuti perkembangan teknologi, sedangkan toko buku tradisional masih menggunakan sistem transaksi manual yang membutuhkan ketelitian dalam merekap hasil penjualan bukunya.
Contoh strategi promosi di toko buku modern antara lain :
1) Menguasai display buku. Hal ini dilakukan agar tampilan buku dapat terlihat dan menonjol
2) Promosi dilakukan dengan memasang produk di Neon Box, X Banner di toko
3) Bedah buku, talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
4) Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan. Contoh: program Ramadhan
- Strategi pemasaran dengan directselling
Pemasaran buku melalui directselling ini dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu:
1) Buku pendidikan. Buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk semua jenjang
2) Buku teks perguruan tinggi untuk semua mata kualiah
3) Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum
Dalam pemasaran buku melalui directselling biasanya ditempatkanlah seorang sales yang memiliki tanggung jawab sebagai berikut:
1) Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum, Biro umum dll.
2) Kunjungan langsung ke setiap Kampus atau Perguruan Tinggi untuk temui Dosen, Kaprodi, Dekan, LPPM hingga ke para Rektor .
3) Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, perpus kampus, perpustaan daerah.
Kunjungan secara langsung ini diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak sekolah, kampus, perpustakaan, sehingga hasil penjualan buku dapat meningkat.
Yups itu tadi materi tentang strategi pemasaran buku yang perlu kita ketahui dan pelajari, agar menjadi wawasan bagi kita yang ingin memasarkan hasil tulisan kita.
Sekian materi pelatihan menulis malam ini. Semoga semakin menambah semangat kita untuk menghasilkan karya-karya yang juga akan kita pasarkan dengan menerapkan materi pelatihan malam ini.
Terima kasih ya sudah berkunjung dan membaca. Mohon dukungannya dengan memberikan saran dan komentar pada tulisan Mulyanita malam ini. Byeđź‘‹
Padat berisi resumenya
BalasHapusterima kasih miss phia, mohon bimbingannya miss
HapusSemangat terus ya. Semoga jadi penulis hebat.
BalasHapusaamiin.. terima kasih bunda aam, mohon bimbingannya bunda..
HapusSelalu keren resumenya
BalasHapusterima kasih bunda..
HapusTerima kasih, Mbak
BalasHapusyeeeyy..semangat menulis mba rahmah
Hapus